Mendengar nama asuransi bukan hal asing lagi. Karena asuransi sudah sejak lama hadir di Indonesia hingga jaman milenium saat ini. Walaupun demikian masih ada sebagian orang yang belum mengenal asuransi terutama asuransi kesehatan syariah.

Apa sih yang dimaksud dengan asuransi kesehatan syariah? Asuransi kesehatan syariah merupakan produk proteksi perlindungan biaya penyembuhan. Ketika nasabah sakit maka dapat mengambil manfaat dari asuransi kesehatan karena semua biaya pengobatan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Makna Syariah Dalam Asuransi

Kata syariah menjadi kata yang ampuh dan laris manis dalam meningkatkan penjualan. Seperti busana syariah, bank syariah, saham syariah dan asuransi syariah. Namun sebagian orang memanfaatkan kata syariah dengan asuransi syariah yang justru tidak sesuai syariah. Misalkan terdapat unsur penipuan. Inilah yang membahayakan dari asuransi kesehatan syariah. Namun itu hanya segelintir orang.

Suatu asuransi kesehatan dikatakan syariah jika menerapkan kaidah Islam di dalamnya. Seperti tidak mengandung unsur riba, penipuan, judi dan lain. Seiring dengan popularitas asuransi kesehatan syariah banyak orang mengikuti asuransi jenis ini. Namun dalam pemilihan asuransi ini pilihlah asuransi kesehatan syariah terbaik.

Kriteria asuransi kesehatan syariah terbaik adalah memiliki produk layanan yang baik, proses klaim yang gampang dan iuran premi sangat terjangkau.

Banyak orang terpikir untuk membuat Asuransi Kesehatan mengingat biaya kesehatan yang sangat mahal. Mereka menyadari sewaktu-waktu seseorang dapat menderita penyakit berbahaya yang membutuhkan biaya besar. Seperti yang dialami oleh artis cantik Ashanty yang membutuhkan biaya milyaran rupiah untuk mengobati penyakit lupus yang dideritanya.

Mengingat kebutuhan masyarakat sangat tinggi terhadap asuransi kesehatan membuat beberapa perusahaan swasta menggarap bisnis yang menjanjikan ini. Bukan hanya itu, pemerintah pun telah terlebih dulu menerbitkan asuransi kesehatan BPJS. Namun begitu tidak semua penyakit dapat ditanggung oleh BPJS kesehatan. Anda perlu melengkapi dengan asuransi tambahan.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat muslim Indonesia untuk menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari membuat permintaan masyarakat terhadap asuransi syariah sangat besar. Hal inilah yang dilirik oleh perusahaan asuransi kesehatan konvensional. Sehingga mengeluarkan produk asuransi terbaru dan inovatif yakni asuransi kesehatan syariah.

Selama ini asuransi di Indonesia dijalankan secara konvensional. Hal itu menjadi perdebatan banyak orang. Karena sebagian ulama salaf ada yang berfatwa asuransi konvensional itu haram. Dan sebagian lagi berfatwa asuransi konvensional samar. Oleh sebab itu, untuk mencari jalan keluar dari semua itu lahir asuransi syariah berdasarkan permintaan dari masyarakat muslim Indonesia.

Memang benar asuransi kesehatan syariah tidak sebanyak asuransi konvensional di Indonesia. Sehingga anda sedikit kesukaran menemukan asuransi kesehatan syariah dibanding konvensional. Berdasarkan pengalaman para pengguna asuransi, ada sejumlah daftar asuransi kesehatan syariah terbaik di Indonesia.

Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik

Berikut ini daftar asuransi kesehatan syariah terbaik di Indonesia dilihat berdasarkan premi, fasilitas dan kemudahan klaim, antara lain:

1.Allisya Care

Inilah produk asuransi Kesehatan dari perusahaan Allianz. Sistem operasional yang dijalankan berdasarkan syariah dari awal akad sampai klaim asuransi. Asas yang diterapkan tentu saja asas tolong menolong. Dalam arti, satu komunitas diberikan kewajiban untuk memberikan premi setiap bulan yang bersifat hibah.

2.PRUPrime Healthcare Plus Syariah

Asuransi kesehatan syariah yang dikeluarkan oleh PT Prudential Indonesia merupakan jenis asuransi rider atau tambahan. Sebelum memiliki asuransi ini, nasabah harus mengambil asuransi utama dari Prudential. Walaupun premi asuransi ini lebih tinggi dari asuransi kesehatan Allianz syariah, namun manfaatnya lebih besar.